Tuesday, October 12, 2010

Get Healthy


Seperti kata pepatah, bahwa sehat itu mahal harganya. Mungkin itu tercermin dari semakin mahalnya biaya kesehatan sekarang ini. Maka dari itu mari kita membiasakan hidup sehat mulai dari sekarang.

Dalam tulisan saya kali ini, saya akan mencoba berbagi pengalaman pribadi yang saya alami. Bukan menggurui lho ya, hehe... Dulu pada saat masih kecil sampai remaja berat badan saya boleh dikatakan overweight, karena hampir mencapai angka 100 kg. Dengan ukuran celana yang hampir di atas 38. Rekor terberat saya adalah pada saat duduk di bangku kelas 1 SMA. Gerak sedikit langsung capek. Dan akhirnya pada suatu saat mau tidak mau saya harus dirawat, karena infeksi usus. Kurang tau, mungkin karena ke-omnivora-an saya, apapun saya lahap dan tak tahu waktu serta batas, hehehe...

saya pada saat kelas 1 SMA


saya saat ini



Setelah dirawat kurang lebih 10 hari saya merasa agak enteng dalam bergerak, karena ternyata berat badan saya turun sekitar 2 kg. Mungkin karena selama dirawat saya tidak bisa dan tidak diperbolehkan makan apapun. Setiap makanan yang saya makan pasti keluar lagi. Jadi praktis lebih dari seminggu saya mendapat asupan makanan hanya dari infus saja. Dari sejak kejadian itu dan hasil yang saya rasakan, kemudian saya mencoba mengurangi porsi makan saya, yang dulunya sekali makan 2 piring menjadi 1 piring saja. Hal itu saya lakukan sampai saya kuliah. Hasilnya, berat badan saya berubah dari 100 kg menjadi sekitar 85 kg. Dalam menjalani perbaikan pola makan itu, awalnya memang terasa sangat berat sekali, saya berusaha menahan hasrat makan saya yang berlebih dan merubah mind set saya. Yang dulu saya berpikir bahwa “makan selama itu ada”, saya ubah menjadi “besok pasti masih ada yang bisa dimakan”. Dan itu menjadi kebiasaan.

Terakhir saya menimbang, berat badan saya kurang lebih sekitar 65 kg. Sederhana, tapi sangat bermanfaat hehe... Mind set itu adalah penting. Dengan begitu kita bisa mengendalikan diri kita lebih dari yang kita mau. Pasti ada kendala dalam menjalani semua itu. Entah itu stuck dalam suatu kondisi dan situasi atau merasa percuma dan putus asa. Tapi kita harus kembali lagi kepada tujuan awal bahwa kita menjalani ini adalah untuk hidup yang lebih sehat. Sisihkan kata “diet” atau apapun itu. Karena kita bukan mengejar target, tapi mengubah cara/pola hidup kita. Dengan begitu kita pasti bisa menjalaninya dengan santai tanpa dikejar target.

Dari awal saat kita berniat hidup sehat itu saja, sudah pasti ada perubahan dalam hidup kita, sedikit demi sedikit. Entah itu dari pola makan, tidur, olahraga, mengurangi kebiasaan buruk, dan sebagainya. Asal kita menikmati, tanpa beban, dan konsisten, tanpa kita tahu kita pasti akan mendapatkan reward dari apa yang kita lakukan. Jadi dari sekarang mulailah untuk hidup sehat Semangat!

4 comments:

  1. ternyata pernah berbadan seperti itu,,,
    keep smile brother,,,

    ReplyDelete
  2. Rekor terberat gw untuk berat badan cuma 44 kg. Itupun makannya udah gila2an. :/

    ReplyDelete
  3. wow.....it's amazing
    gak nyangka e prnah segemuk itu....hehe :)

    ReplyDelete

thank's for your comments, guys!