Thursday, August 26, 2010

Blogging

blog. blogger. nge-blog. Rasanya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Istilah ini mulai ngetrend di tahun 2000-an. Menulis Blog, semacam diary atau catatan pribadi yang di share ke khalayak ramai, semua orang. Yang dulunya kita menulis hanya di buku, koran, majalah, atau semacamnya, yang dulu menulis itu terlihat susah, ribet, butuh ini, butuh itu, sekarang menjadi sangat mudah.

Dengan adanya kemajuan teknologi, kita diberikan kemudahan untuk bisa mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran kita melalui menulis di blog. Mengenai pengalaman, suasana hati, review, informasi, dan masih banyak lagi.

Demikian juga dengan saya sendiri. Mulai mengenal istilah blog ini sekitar tahun 2003. Pada saat itu menurut saya pribadi, rasanya orang yang sudah bisa menulis blog atau sudah punya blog di internet itu adalah orang yang gaul abis, hebat, dan memiliki pengetahuan yang luar biasa luas. Maklumlah anak ABG jaman dulu hehehe...

Pernah melihat-lihat blog orang, iseng-iseng buka, saya sih cuma bisa baca-baca dan lihat-lihat aja, soalnya status saya saat itu masih newbie yang super duper amatir a.k.a gaptek to the max!! (parah ya..hehehe..) Pada saat itu punya Friendster aja uda ngerasa huuueeebbaattt banget, bisa petantang-petenteng di sekolah dengan senyum sumringah underestimate ke teman-teman yang lain (bisa buat sombong-sombong..!!). Hadeuh, kalau inget saya pada waktu itu bener-bener ababil dah --".

Perlahan-lahan seiring dengan tingkat kedewasaan saya (bletak!!), saya pun mengalami peningkatan lah masalah teknologi. Bisa ini itu, pokoknya sudah gak malu-maluin lagi. Kemudian saya mencoba memperluas pertemanan saya melalui jejaring sosial yang ada di internet sekarang ini, antara lain melalui milis, forum, ocehan, dan masih banyak lagi. Dan alhamdulillah saya mendapat banyak teman baru, pengalaman baru, pengetahuan baru, informasi baru.

Semua jejaring sosial yang ada sudah pernah saya coba, ngoceh, update status, forum, dan milis. Tapi blog, belum. Dari dulu ada keinginan untuk buat blog, entah itu mengenai apa, tapi setiap saya mencoba menulis pasti berhenti di tengah jalan. Mulai dari bahan tulisan, kata yang digunakan, obyek yang dibahas semua cuma setengah mateng. Kemudian kebetulan (seperti postingan saya sebelumnya) saya penempatan pertama kali untuk bekerja di Maumere. Yang notabene banyak yang bisa diceritakan, dari alamnya sampai sosial budaya dari masyarakatnya. Pada saat saya bergabung di milis mengenai travelling, ternyata informasi yang saya miliki bermanfaat bagi temen-temen di milis. Demikian juga di jejaring sosial yang lain.

Setelah itu saya coba ngoceh di jejaring sosial mengenai Maumere secara umum. Ternyata lumayan ramai tanggapannya. Seketika itu ada masukan dari teman saya untuk mencoba membuat blog mengenai pengalaman saya ini. Pertamanya sih saya masih pikir-pikir dulu, takutnya nanti mendadak inspirasinya malah cepet nguap, hilang tak berbekas. Saya coba buka-buka blog temen-temen saya. Tanya sana-sini mengenai blog. Dan akhirnya ada teman saya yang bilang, "Blog itu kan kebebasan." Saya pun berpikir, iya juga ya... :p

Akhirnya saya pun mencoba membuat akun di situs ini dan mulai menulis blog saya sendiri, my own blog. Meskipun baru sedikit postingan saya, dan dalam proses menulisnya juga maju-mundur, tapi saya akan tetap mencaoba konsisten dalam nge-blog. Terima kasih buat teman-teman yang sudah memberi masukan selama ini bang Endro, bang Dioz, Riri, Erryn, Panda, Aron si bandit, sama Rommy. Thank's guys :)

No comments:

Post a Comment

thank's for your comments, guys!