Friday, June 10, 2011

Riung, Surga Kecil di utara Flores.



Desir ombak terdengar lembut di telinga. Aroma laut semerbak memenuhi paru. Hamparan pantai pasir putih di lautan dangkal memanjakan mata para wisatawan. Hmmm..surga kecil itu bernama Riung, yang terletak di sisi sebelah utara pulau Flores.

Tak bosan-bosan mata kami terus memandang gugusan 17 pulau berjajar di perairan Riung. Rasa penasaran kami semakin menjadi, saat kami mulai menaikki perahu bertenaga diesel untuk menyusuri pulau-pulau itu. Saat itu pagi hari yang cerah. Matahari berpihak pada kami rupanya.

Sepanjang perjalanan kami dapat melihat bentangan horison biru yang sangat luas, dengan ombak-ombak kecil menggulung di antaranya. Selain itu di perairan laut dangkal dengan air yang jernih ini kami juga dapat melihat batu-batu karang di dasar laut, yang semakin membuat kami tidak sabar untuk segera berjibaku dengan lautan, supaya dapat melihat taman laut perairan Riung lebih dekat.

Di gugusan kepulauan Riung ini terdapat 2 pulau besar yang biasa disinggahi para wisatawan. Entah itu hanya sekedar untuk foto-foto ataupun bersantai dan menikmati keindahan alam Riung lebih lama. Pulau yang pertama adalah Pulau Kelelawar. Pulau ini dihuni oleh ratusan kelelawar. Mereka hidup di pohon-pohon bakau di sepanjang pantai. Kelelawar-kelelawar ini tidak menyerang manusia. Mereka hanya memakan buah-buahan yang mereka dapatkan dari daratan Riung dan sekitarnya.

Kemudian yang kedua adalah Pulau Rutong. Pulau kecil tak berpenghuni dengan hamparan pasir putih yang halus ini merupakan tempat singgah favorite para wisatawan. Di sekitarnya terdapat taman laut yang sangat indah.

perkampungan nelayan di Riung



Jalan masuk ke dermaga Riung

dermaga Riung


suasana dermaga Riung


Pulau Kelelawar, Riung


Taman Laut di Pulau Rutong

Pulau Rutong, Riung









2 comments:

  1. keep posting Dit! superb :)

    ReplyDelete
  2. pulana indah bgtz...
    flores mang T.O.P B.G.T

    [mupeng]

    ReplyDelete

thank's for your comments, guys!